Langsung ke konten utama

SURAT KE JEMAAT GALATIA



GALATIA

Kitab Galatia adalah surat Paulus yang ditulis sendiri olehnya kepada jemaat di Galatia, di Asia kecil (sekarang Turky), yang sudah berbalik dari kemerdekaan dan kebenaran injil yang diberitakan oleh Rasul Paulus dan mengikuti arahan dan ajaran injil rasul lain. Yang menurut Paulus adalah sebenarnya bukan injil dan bertujuan mengacaukan dan memutar-balikkan injil Kristus. Rasul yang dimaksud Paulus adalah rasul yang terpandang dan mempunyai kedudukan, secara lahiriah suka menonjolkan diri dan giat melakukan usaha untuk menarik jemaat Galatia.

Jemaat Galatia setelah menerima injil kebenaran yang diberitakan Paulus, hendak kembali lagi menerima Hukum Taurat (dalam hal bersunat) dan hidup dibawah kutuk Hukum Taurat serta memperhambakan diri kepada roh-roh dunia yang lemah dan miskin.

Paulus khawatir kalau jerih payahnya memberitakan injil ke Galatia menjadi sia-sia, oleh karena jemaat Galatia berbalik dari Injil kebenaran itu, dan Paulus sudah kehabisan akal menghadapi jemaat Galatia yang kembali kepada kutuk hukum Taurat, dan mengenakan kuk perhambaan dengan menyunatkan dirinya atas ajaran rasul-rasul lain. Jemaat Galatia juga mempertanyakan kerasulan Paulus yang sah dibanding rasul lain.

Melalui surat ini, Paulus berusaha menjernihkan pandangan jemaat Galatia terhadap dirinya sebagai rasul, dengan memberitahukan bagaimana dia menjadi rasul, mulai dari melakukan persekusi kepada jemaat Tuhan sampai ditangkap Tuhan menjadi rasul atas kehendak Tuhan.

Dan kerasulannya diakui oleh sokoguru di Yerusalem yaitu, Petrus, Yohannes dan Yakobus, dengan berjabat tangan bahwa Paulus memberitakan injil kepada orang yang tidak bersunat (Bukan Yahudi) dan Petrus serta yang lainnya memberitakan injil kepada orang yang bersunat (Yahudi)

Paulus membela diri dengan suratnya ini, bahwa pemberitaan injil yang sudah dilakukannya adalah untuk menyukakan Tuhan sebagai hamba Tuhan, yang sudah diterimanya dari pernyataan Yesus Kristus.

Kejadian Penting:

1.       Bagaimana Paulus menjadi Rasul (Gal 1:11-24)

2.       Paulus diakui oleh Para Rasul di Yerusalem (Gal 2:1-10) 

3.       Paulus bertentangan dengan Petrus, karena Petrus berlaku munafik (Gal 2:11-14)

4.       Seseorang memberitakan injil yang berbeda dari yang diberitakan Paulus (dalam hal Bersunat)

5.       Jemaat Galatia sudah tidak berbahagia menyambut Paulus dan mungkin sudah menganggapnya musuh

Ajaran Penting:

1.       Tidak seorangpun dibenarkan karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya karena Iman dalam Yesus Kristus (Gal 2:16) 

2.       Dasar hukum taurat bukan iman, melainkan siapa yang melakukan Taurat (Gal 3:12) 

3.       Kristus sudah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk (Gal 3:13)

4.       Mereka yang hidup dari Iman, mereka itulah anak-anak Abraham (Gal 3:7) 

5.       Mereka yang hidup dari iman, mereka diberkati bersama-sama dengan Abraham (Gal 3:9)

6.       Jika kamu milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Tuhan (Gal 3:29) 

7.       Jikalau kamu menyunatkan dirimu, Kristus sama sekali tidak berguna bagimu (Gal 5:2) 

8.       Setiap orang yang menyunatkan dirinya, Wajib melakukan seluruh hukum Taurat (Gal 5:3)

9.       Didalam Kristus, Sunat dan tidak bersunat tidak mempunyai arti (Gal 5:6) 

10.    Menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya (Gal 6:15) 

11.   Hiduplah dan berilah dirimu dipimpin oleh Roh, Buah Roh (Kasih, Sukacita, Damai Sejahtera, Kesabaran, Kemurahan, Kebaikan, Kesetiaan, Kelemahlembutan, Penguasaan Diri) (Gal 5:22)




                                                                         END

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibas Tuhan Aku Megegeh - KEE.360

TEMBOK YERIKHO DIRUNTUHKAN

TEMBOK YERIKHO DIRUNTUHKAN PENEMUAN TEMBOK YERIKHO Kota Yerikho didirikan pada tahun 9600SM dan berada di dekat sungai Jordan di Israel dan merupakan distrik militer bangsa palestina pada saat itu, jadi sudah tentu diperlengkapi dengan prajurit-prajurit   pilihan yang tangguh dan benteng yang kuat sebagai pertahanan. John Garstang, seorang ahli dalam ilmu purbakala (arkeologi) inggris (1876-1956), menemukan reruntuhan tembok Yerikho selang penelitiannya pada tahun 1930 – 1936. Kemudian antara tahun 1952 – 1958, Kathleen Kanyon (Arkeolog Inggris) menemukan kembali Tembok bagian dalam kota yerikho. Dari penemuan arkeologi ini Saya membayangkan tembok yerikho terdiri dari 2 lapis untuk melindunginya dari serangan musuh. Ditemukan bahwa Konstruksi tower pada tembok itu terdiri atas 22 anak tangga dan diameter dasarnya sekitar 9 mtr dan diameter bagian atas sekitar 7Mtr dengan dinding sekitar 1.5mtr tebalnya. Penemuan-penemuan tersebut diatas adalah fakta dan bukti nyat

PERSEPULUHAN

PERSEPULUHAN Persepuluhan sering sekali merupakan topik yang sangat penting bagi sebagian orang, tetapi merupakan topik yang harus dihindari juga bagi sebagian orang untuk dibicarakan, karena jika dibicarakan saja tanpa dilakukan rasanya menegur diri sendiri. Ada yang sadar akan hal ini dan menganggap bahwa persepuluhan adalah kewajiban yang harus dipenuhi sebagai hutang kepada Tuhan, tapi ada juga yang sama sekali belum mengerti bagaimana ini bisa menjadi kewajiban bahkan ada juga yang mulai mengerti tetapi masih berusaha menutup hati dan berpura-pura untuk tidak tahu dan tidak melihat, tetapi marilah kita berusaha untuk tidak saling menghakimi menurut pengertian kita sendiri. DASAR DARI PERSEPULUHAN Dasar dari kita memberikan persepuluhan adalah oleh karena kita mendapatkan berkat akan apa yang kita makanan dan apa yang kita pakai. Setiap kita tentu mendapatkan berkat, walaupun porsi dan penyajiannya berbeda-beda, namun sudah menjadi suatu alasan untuk memberikan per