Langsung ke konten utama

PUASA



PUASA
Puasa adalah kata yang sering sekali kita dengar baik dikalangan muslim maupun Kristen. Kita bisa melihatnya secara khusus dikalangan muslim terlebih lebih menjelang Ramadhan.  Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, Puasa adalah  Tindakan sukarela dengan berpantang akan makanan atau minuman atau kedua-duanya, perbuatan buruk, dan dari segala hal yang membatalkan puasa selama periode waktu tertentu .
Puasa dilakukan dalam hal menunaikan Ibadah dalam keyakinan masing-masing. Berpantang dalam hal makanan ataupun makanan tertentu seperti “Diet” tidak bisa digolongkan sebagai Puasa.

TUJUAN BERPUASA
Sering sekali kita mencari alasan untuk melakukan puasa, bahkan pada saat ada niat untuk melakukannya, kita masih butuh alasan yang tepat untuk mendukung kita melakukan puasa, bisa dimaklumi karena dengan berpegang pada apa yang kita yakini atau inginkan, kita semakin mantap menjalaninya.
Salah satu keuntungan berpuasa ditinjau dari kesehatan adalah dapat menurunkan berat badan. Glukosa yang disimpan dalam hati dan otot didalam tubuh merupakan sumber energi pertama yang digunakan, kemudian jika cadangan ini habis karena tidak ada asupan kedalam tubuh maka lemak dalam tubuh menjadi sumber berikutnya sehingga kolesterol-pun semakin berkurang. Racun racun yang sudah mengendap dan tersimpan dalam lemak juga larut dan keluar dari dalam tubuh sehingga proses detoksifikasi-pun terjadi secara alami.

Tujuan berpuasa dilihat dari Bible adalah sebagai berikut:
1   Tuhan Mendengarkan Permohonan
Pada saat kita melakukan puasa yang benar dimata Tuhan, maka DIA akan mendengarkan permohonan kita sebagai tanda kesungguhan hati.
“Yes 58:9 – Pada waktu itulah engkau akan memanggil dan TUHAN akan menjawabnya, engkau akan berteriak minta tolong dan IA akan berkata: ini Aku!...”


Pada saat Daud meminta pertolongan kepada Tuhan, dia melakukan puasa sampai kurus dan lututnya gemetar (Maz 109:24.) “Tolonglah aku Ya Tuhan, Allahku, selamatkanlah aku sesuai dengan kasih setiaMu”. Bahkan didalam Mazmur 69:10 dikatakan Daud sampai meremukkan dirinya untuk berpuasa agar Tuhan menaruh belas kasihan terhadapnya.
Daniel bahkan melakukan Puasa dan berdoa untuk memohon pengampunan dari Tuhan terhadap Dosa dosa bangsa Yehuda dan segenap bangsa Israel pada masa pemerintahan Darius, anak ahasyweros. (Daniel 9:1-4)

Bahkan puasa yang tidak ada kaitannya dengan menunaikan Ibadah agama seperti "Mogok Makan" sering dilakukan oleh para demonstran pemerintahan diseluruh dunia agar tuntutan (permohonan) mereka didengarkan dan dikabulkan oleh penguasa setempat, ada yang mendapatkan keinginannya dan bahkan ada yang sampai wafatpun tidak dikabulkan oleh penguasanya. (Bobby Sands tewas setelah 66 hari tidak makan untuk memprotes hak hak yang lebih baik di penjara irlandia, 1981).

2      Mengusir Roh Jahat
Ketika Yesus kembali dari Gunung untuk berdoa, datanglah seorang dan menyembahnya agar anaknya disembuhkan dari Ayan dan sangat menderita bahkan murid-murid-Nya tidak sanggup untuk menyembuhkannya, kemudian Yesus menegor setan itu dengan keras dan sembuhlah anak itu. Kemudian murid muridnya penasaran kenapa mereka tidak bisa mengusir setan itu? Dalam Matius 17:21 disebutkan bahwa “Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa”.
3    Lepas dari Rasa Takut dan Permasalahan
Pada saat Yosafat menerima berita ancaman bahwa ada pasukan yang sangat besar dari Edom datang menyerangnya, dia menjadi sangat takut dan memutuskan untuk mencari TUHAN dan mengajak seluruh Yehuda untuk berpuasa (2 Tawarikh 20:1-4).
4   Berduka
Setelah Saul wafat, maka orang orang Israel mengambil mayatnya dan menguburkannya dibawah pohon tamariska di Yabesh, sesudah itu berpuasalah mereka tujuh hari lamanya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibas Tuhan Aku Megegeh - KEE.360

TEMBOK YERIKHO DIRUNTUHKAN

TEMBOK YERIKHO DIRUNTUHKAN PENEMUAN TEMBOK YERIKHO Kota Yerikho didirikan pada tahun 9600SM dan berada di dekat sungai Jordan di Israel dan merupakan distrik militer bangsa palestina pada saat itu, jadi sudah tentu diperlengkapi dengan prajurit-prajurit   pilihan yang tangguh dan benteng yang kuat sebagai pertahanan. John Garstang, seorang ahli dalam ilmu purbakala (arkeologi) inggris (1876-1956), menemukan reruntuhan tembok Yerikho selang penelitiannya pada tahun 1930 – 1936. Kemudian antara tahun 1952 – 1958, Kathleen Kanyon (Arkeolog Inggris) menemukan kembali Tembok bagian dalam kota yerikho. Dari penemuan arkeologi ini Saya membayangkan tembok yerikho terdiri dari 2 lapis untuk melindunginya dari serangan musuh. Ditemukan bahwa Konstruksi tower pada tembok itu terdiri atas 22 anak tangga dan diameter dasarnya sekitar 9 mtr dan diameter bagian atas sekitar 7Mtr dengan dinding sekitar 1.5mtr tebalnya. Penemuan-penemuan tersebut diatas adalah fakta dan bukti nyat

PERSEPULUHAN

PERSEPULUHAN Persepuluhan sering sekali merupakan topik yang sangat penting bagi sebagian orang, tetapi merupakan topik yang harus dihindari juga bagi sebagian orang untuk dibicarakan, karena jika dibicarakan saja tanpa dilakukan rasanya menegur diri sendiri. Ada yang sadar akan hal ini dan menganggap bahwa persepuluhan adalah kewajiban yang harus dipenuhi sebagai hutang kepada Tuhan, tapi ada juga yang sama sekali belum mengerti bagaimana ini bisa menjadi kewajiban bahkan ada juga yang mulai mengerti tetapi masih berusaha menutup hati dan berpura-pura untuk tidak tahu dan tidak melihat, tetapi marilah kita berusaha untuk tidak saling menghakimi menurut pengertian kita sendiri. DASAR DARI PERSEPULUHAN Dasar dari kita memberikan persepuluhan adalah oleh karena kita mendapatkan berkat akan apa yang kita makanan dan apa yang kita pakai. Setiap kita tentu mendapatkan berkat, walaupun porsi dan penyajiannya berbeda-beda, namun sudah menjadi suatu alasan untuk memberikan per