Langsung ke konten utama

TEMBOK YERIKHO DIRUNTUHKAN



TEMBOK YERIKHO DIRUNTUHKAN


PENEMUAN TEMBOK YERIKHO
Kota Yerikho didirikan pada tahun 9600SM dan berada di dekat sungai Jordan di Israel dan merupakan distrik militer bangsa palestina pada saat itu, jadi sudah tentu diperlengkapi dengan prajurit-prajurit  pilihan yang tangguh dan benteng yang kuat sebagai pertahanan.
John Garstang, seorang ahli dalam ilmu purbakala (arkeologi) inggris (1876-1956), menemukan reruntuhan tembok Yerikho selang penelitiannya pada tahun 1930 – 1936.
Kemudian antara tahun 1952 – 1958, Kathleen Kanyon (Arkeolog Inggris) menemukan kembali Tembok bagian dalam kota yerikho. Dari penemuan arkeologi ini Saya membayangkan tembok yerikho terdiri dari 2 lapis untuk melindunginya dari serangan musuh.
Ditemukan bahwa Konstruksi tower pada tembok itu terdiri atas 22 anak tangga dan diameter dasarnya sekitar 9 mtr dan diameter bagian atas sekitar 7Mtr dengan dinding sekitar 1.5mtr tebalnya.
Penemuan-penemuan tersebut diatas adalah fakta dan bukti nyata yang dapat dibuktikan secara ilmiah oleh para arkeology tersebut.
Tower pada tembok tersebut  dikatakan mempunyai diameter  9meter pada dasarnya dan 7Meter pada bagian atas, jadi sudah pasti tower tersebut berbentuk bundar dan tebal temboknya 1.5 meter, jadi menyisakan 4 meter diameter ruangan untuk berpijak atau berjaga pada tower tersebut pada bagian atasnya.  Ukuran 4meter untuk ruang kosong ditambah tebal tembok 1.5meter merupakan benteng kota yang sangat kuat, kubu pertahanan yang sangat sulit ditembus dengan cara bagaimanapun, mengingat pada zaman Joshua belum ada Bom nuklir atau bom atom untuk merubuhkannya.
JIka tower tembok itu mempunyai ruangan dengan lebar 4meter, kita asumsikan bahwa temboknya itu sendiri setebal 4meter yang menghubungkan setiap tower yang ada untuk menutupi semua bagain dari kota yerikho dari serangan luar. Sungguh mengagumkan pertahanan kota Yerikho pada masa itu.
Para pemerhati dalam kasus ini kemudian memberikan asumsi bahwa tembok yang ditemukan oleh John Garstang dan Kathleen Kanyon adalah tembok yang didirikan setelah keruntuhan Tembok Yerikho pada zaman Joshua, artinya dibangun kembali dengan konstruksi sedemikian dan reruntuhannya ditemukan oleh para arkeology tersebut. Lebih bijaksana, kita jangan dulu menolak konstruksi tembok Yerikho yang diasumsikan ini, karena saya juga sebelumnya berpikir bahwa tembok Yerikho Cuma selebar batu bata yang ada pada umumnya atau lebih sedikitlah jadi 2 batu bata (lebar batu bata sekitar 8cm) kurang lebih  sejengkal tanganlah, namun mari kita menuju ke era Joshua zaman Perjanjian Lama.


TEMBOK YERIKHO MENURUT ALKITAB
Pada saat 2 orang pengintai Israel masuk ke Yerikho, mereka masuk kerumah Rahab dan bermalam disana dan menyembunyikan mereka dibawah timbunan jerami diatas SOTOH rumahnya.
Sotoh adalah atap rumah yang rata terbuat dari tembok batu, atau mungkin pada saat sekarang bagian atas rumah yang sudah dicor rata dengan semen untuk jemuran atau tempat memandang.
Disebutkan juga bahwa Daud suka berjalan jalan diatas sotoh istananya pada saat petang hari dan bahkan dari sotoh rumahnya Daud melihat betsyeba sedang mandi.
Hal ini dimaksudkan untuk memberi gambaran bahwa Sotoh rumah merupakan tempat yang bisa melangkahkan kaki beberapa langkah menuju ke lebarnya ataupun panjangnya jika berbentuk persegi untuk menghilangkan penat atau sekedar santai saja.
Kembali ke Yerikho, Kitab Yoshua 2:15 menyebutkan:
“Kemudian perempuan itu menurunkan mereka dengan tali melalui jendela, sebab rumahnya itu letaknya pada tembok kota, jadi pada tembok itulah ia diam”
Beberapa kali saya baca kitab Yoshua dan pada ayat ini selalu saya lewatkan untuk lebih mendalaminya, saya pikir mungkin dia membuat rumahnya dipinggir tembok diatas tanah, tapi koq ada kata “menurunkan mereka…? ” dan “pada tembok itulah ia diam.” Masakan mereka tinggal dan hidup nge-gantung di tembok seperti rumah pohon!?” sebelumnya hal hal ini saya lewatkan karena membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk merenungkannya dan memahaminya.
Nah, dari penjelasan kitab Yoshua bahwa memang Rahab tinggal diatas tembok yerikho, dimana rumahnya tersebut mempunyai sotoh  untuk tumpukan jerami, saya kira ukuran ruang yang hanya 1mtr x 1mtr tdk akan dipakai utk tumpukan jerami, lagian dua orang pengintai Israel bisa tidur diatas sotoh rumahnya itu. Hal ini dapat kita pahami bahwa tebal tembok yerikho sekitar 4meter adalah hal yang MEMUNGKINKAN dan itupun terdiri atas 2 tembok, bagian dalam dan bagian luar.
Tembok yang luar biasa pada saat sekarang ini adalah Tembok China, dimana pada zaman kekaisaran china tidak ada musuh dari luar yang dapat meruntuhkannya, kalau kita lihat photo orang orang yang berada diatas tembok china, bahkan mereka bisa berjejer lima sampai enam orang menurut lebarnya tembok berdiri dan photo bersama, nah bisa dibayangkan enam empat orang saja berjejer, berarti tebal tembok china bisa mencapai 4Meter.
Sehingga mematahkan asumsi orang orang bahwa penemuan Kathleen Kanyon adalah reruntuhan tembok baru setelah runtuhnya tembok Yerikho. Dan baiklah kita sependapat bahwa Tebak tembok yerikho adalah 4meter.


KERUNTUHAN TEKBOK YERIKHO
Keruntuhan tembok Yerikho adalah suatu hal yang sangat luar biasa karena bukan atas dasar usaha dan kekuatan manusia, tetapi oleh karena KUASA ALLAH!
Firman Tuhan “Ketahuilah, Aku serahkan ke tanganmu Yerikho ini beserta rajanya dan pahlawan-pahlawannya yang gagah perkasa
Sesuai dengan Firman Tuhan, Yoshua mengelilingi kota itu beserta prajurit-prajuritnya sekali dalam sehari selama 6 hari berturut-turut.
Dan pada hari ketujuh, Yoshua mengelilingi kota itu sebanyak tujuh kali termasuk para imam imam dengan meniup sangkakala dan membawa Tabut. Yang sangat unik adalah mereka tidak boleh bersorak dan bersuara atau mengeluarkan sepatah katapun dari mulutnya pada saat mengelilingi Yerikho. Kemudian ketika para imam meniup sangkakala, berkatalah Yoshua kepada bangsa itu: “Bersoraklah, sebab TUHAN telah menyerahkan kota ini kepadamu!
Lalu bersoraklah bangsa itu dengan sorak yang nyaring sedang sangkakala ditiup terus
DAN TEMBOK YERIKHO PUN RUNTUH……….
Bayangkan Tembok selebar 4meter runtuh oleh Kuasa Allah, oleh Teriakan nyaring bangsa Israel, oleh nyanyian sangkakala, oleh perilaku bangsa Israel yang tunduk dan menurut kepada perintah Tuhan, oleh sikap melakukan tanpa bersungut-sungut pada saat diminta diam pada hari ke-7 dan oleh pengudusan diri bangsa Israel.

Bersoraklah!, karena Tuhan telah menyerahkan Kota ini kepadamu.

Bersoraklah!, karena tembok besar yang megah dan kuat diserahkan Tuhan kepada kita dibawah kaki kita, segala permasalahan yang kokoh dan congkak menjulang ternyata tidak mustahil bisa berada dibawah kaki kita.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibas Tuhan Aku Megegeh - KEE.360

PERSEPULUHAN

PERSEPULUHAN Persepuluhan sering sekali merupakan topik yang sangat penting bagi sebagian orang, tetapi merupakan topik yang harus dihindari juga bagi sebagian orang untuk dibicarakan, karena jika dibicarakan saja tanpa dilakukan rasanya menegur diri sendiri. Ada yang sadar akan hal ini dan menganggap bahwa persepuluhan adalah kewajiban yang harus dipenuhi sebagai hutang kepada Tuhan, tapi ada juga yang sama sekali belum mengerti bagaimana ini bisa menjadi kewajiban bahkan ada juga yang mulai mengerti tetapi masih berusaha menutup hati dan berpura-pura untuk tidak tahu dan tidak melihat, tetapi marilah kita berusaha untuk tidak saling menghakimi menurut pengertian kita sendiri. DASAR DARI PERSEPULUHAN Dasar dari kita memberikan persepuluhan adalah oleh karena kita mendapatkan berkat akan apa yang kita makanan dan apa yang kita pakai. Setiap kita tentu mendapatkan berkat, walaupun porsi dan penyajiannya berbeda-beda, namun sudah menjadi suatu alasan untuk memberikan per